6 Tahun Kebersamaan Kita

Advertisement
advertisement
Bukan, tulisan ini bukan tentang cinta-cintaan. Apalagi soal kegalauan saya. Tulisan ini tentang blog ini. Tidak terasa blog ini (bukan domainnya) sudah berusia 6 tahun sejak pertama kali tercatat mendapat pengunjung pada Juli 2007.

Artinya, saya sudah mulai menulis di blog ini sejak kelas 5 SD, karena sekarang saya sudah kelas 3 SMA. Saat itu, saya belum memakai TLD dan belum memakai nama "dearryk". Saya sempat benar-benar vakum dan menghapus semua tulisan di blog ini hingga Agustus 2008.

Pada Agustus 2008, saya kembali ke dunia ngeblog dan menggunakan subdomain "dearryk". Nama itu saya dapatkan dari nama akun blogger saya yang digunakan untuk berkomentar di beberapa blog. Waktu itu, komentar di blogspot pun bisa diindex oleh Google.

September 2009, saya sudah menulis 101 post di blog ini. Tapi, kini yang tersisa tidak sampai setengahnya. (baca : Postingan ke-101)




Semenjak menggunakan subdomain dearryk.blogspot.com, saya mulai serius menulis di blog ini. Kebanyakan sih berupa curhatan nggak penting, entah ada yang baca atau tidak. Tapi, saya juga menulis hal-hal yang tampaknya lumayan berguna. Jadi, jumlah pengunjung kadang bertambah secara luar biasa.

Masih teringat waktu akun blogger dan google masih terpisah, edit template masih segitu-gitu aja. Masa yang biasa tapi menyenangkan. Ditemani teman blogger yang itu-itu saja tapi tetap terasa akrab.

Hingga pada akhirnya, pada 2010 saya memutuskan untuk serius menghasilkan uang dari blog ini. Banyak program yang saya coba, mulai dari PPC lokal, Google Adsense, PTR, CPM hingga yang aneh-aneh.

Kalau menelurusi arsip blog ini, yang paling lama adalah pada bulan Agustus 2010. Karena semua post sebelum waktu itu sudah saya hapus. Alasannya? Memperbaiki kualitas konten blog ini. Selain itu, saya juga menghapus hampir 300 post blog ini sejak Agustus 2010. Peristiwa penghapusan masal itu saya berinama "Revolusi Januari".

Sejak melakukan "pembersihan" total itu, saya punya 1 keinginan besar. Yaitu memiliki Top Level Domain (TLD) entah itu .com atau .net. Syukurlah, saya berhasil mewujudkannya dengan kerja setengah hati selama hampir 2 tahun.


Sejak awal 2011, saya berusaha sedikit merubah citra blog ini dari sekedar blog pribadi menjadi blog yang memiliki citra lebih umum. (baca : Ngeblogku Ingin Tampil Beda). Blog ini juga menjadi saksi ketika saya masuk jenjang SMU. (baca : Memulai Masa Putih Abu-Abu)

Awal tahun 2012, saya bisa mendaftarkan dearryk.com melalui salah satu penyedia jasa domain dan hosting di daerah Bali, yaitu Bali Orange Communication (BOC). Tepatnya 8 Februari 2012, dearryk.com secara resmi menjadi bagian dari dunia maya dan dearryk.blogspot.com hanya menjadi bayang-bayang. (baca : Dearryk Rasa Baru).

2013 ini, saya mulai bergabung dengan komunitas Blogger Shout Out, sebuah gerakan moral para blogger nusantara untuk menambah jumlah konten positif di internet. Karena sangat sulit menghapus konten-konten negatif, maka cara alternatif adalah menambah konten positif. Itu adalah salah satu misi saya sebagai seorang blogger. (baca : Be Positive and Green with BSO)

Selama 6 tahun mengenal blog dan kurang lebih 4 tahun serius menulis, sudah banyak pengalaman yang saya dapatkan. Mulai dari mendapat banyak ilmu, banyak kawan hingga sedikit uang. Saat ini saya masih belum bisa memutuskan, mau menjadikan blog ini sebagai tempat menulis saja atau juga tempat mendapat uang.

Tapi, saya tidak mau gegabah, setidaknya masih ada banyak waktu untuk memutuskannya. :)
Advertisement
advertisement
6 Tahun Kebersamaan Kita | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar