Sulitnya Jadi Blogger

Advertisement
advertisement
Menjadi seorang blogger memang nggak gampang, SUMPAH! Blogger adalah pekerjaan passion yang berada di dunia abu-abu, sebuah dunia yang ada tapi tidak nyata, orang biasa menyebutnya internet.

Walaupun seorang blogger hanya berada di dunia maya, bukan berarti mereka kebal dari hukum dan norma di dunia nyata. Para blogger tetaplah seorang manusia yang bisa dijerat secara hukum karena kesalahannya.

Sudah banyak blogger luar negeri yang ditangkap karena tulisan mereka, negara-negara seperti Cina dan di Timur Tengah bahkan menganggap beberapa blogger sebagai musuh negara. Kenapa? Para blogger ini dianggap sangat vokal menyuarakan "kebenaran" dan terkadang membuat pemerintahan kalang kabut.


Di negara-negara Eropa, Amerika dan Australia, blogger sudah dianggap sebagai pekerjaan utama bagi beberapa orang. Kenapa? Karena dari 1 blog saja, mereka bisa menghasilkan ribuan dollar per tahunnya.

Nah, itu adalah 2 gambaran kehidupan seorang blogger. Seorang blogger bisa ditangkap karena tulisan yang dia terbitkan di internet melalui blog miliknya atau seorang blogger bisa menghasilkan ribuan dollar per tahun dari blog miliknya.

Di Indonesia, kebanyakan blogger (terutama yang pemula) hanya melihat sisi seorang blogger yang sukses menghasilkan uang dari blog mereka. Apalagi di Indonesia juga sudah banyak blogger yang penghasilannya setara blogger dari Eropa, Amerika dan Australia.

Sayangnya, para blogger pemula ini terkadang tidak sabar ingin menghasilkan uang. Jadi, mereka asal copy-paste dari sana sini untuk memenuhi blog mereka dengan tulisan "kacangan". Lalu, menjejali dengan iklan, harapannya sih bisa menghasilkan ribuan dollar dengan lebih cepat.


Mereka tidak sadar bahwa di Indonesia ada UU ITE dan UU Hak Cipta. Bisa saja tulisan yang mereka copy-paste seenaknya memiliki Hak Cipta. Jika hal itu terjadi, maka bersiaplah berhadapan dengan pihak kepolisian.

Jadi, blogger harus menyembunyikan identitasnya? Ah, tidak ada gunanya! Melacak seseorang di dunia maya itu sangat mudah, apalagi bagi bidang CyberCrime. Kecuali, kalian adalah anggota komunitas hacker paling dicari di planet ini.

Menjadi blogger itu SULIT, banyak hukum yang harus ditaati, banyak norma-norma tidak tertulis yang harus dipelajari dan selalu siap dengan berbagai kritik hingga hinaan di jagat maya ini. Tapi, bukan berarti menjadi blogger itu tidak MENYENANGKAN.
Advertisement
advertisement
Sulitnya Jadi Blogger | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar