Tips Menjaga Otak Tetap Awet Muda

Advertisement
advertisement
Di usia lanjut, banyak orang yang khawatir kalau daya ingat otaknya berkurang alias pikun. Untungnya, masih ada banyak cara sederhana agar otak tetap tajam. Secara umum, hal sederhana seperti rajin membaca, berusaha menghapal sesuatu atau bermain game dapat menuntut otak mengingat dan berpikir.

Salin itu, masih ada 4 hal lain yang berguna untuk melatih otak, yang mungkin belum pernah dikira sebelumnya. So, tidak perlu menunggu hingga tua kan, biasakan diri dari muda melakukan hal-hal yang melatih otak dapat membuat otak tetap "awet muda" saat tua nanti. Berikut ini 4 tips agar menjaga otak tetap awet muda.



1. Minum teh hijau

Sebuah penelitian tahun 2012 menunjukan kandungan flovanoid dalam teh hijau memiliki efek positif untuk meningkatkan kemampuan kognitif, terutama pada pria. Sementara itu, penelitian terbaru menunjukan bahwa teh hijau dapat melindungi otak dari Alzheimer (sindrom yang membuat otak mengkerut).

2. Jaga tingkat kolesterol

Penelitian tahun 2009 menunjukan bahwa peningkatan kolesterol tubuh berkaitan dengan tingginya risiko Alzheimer dan Demensia (pikun).  Berdasarkan hasil yang didapat para peneliti, apa yang baik untuk jantung juga baik untuk otak.Untuk itu, menurunkan tingkat kolesterol juga dapat menurunkan risiko demensia.

3. Menjaga kesehatan gigi

Mau percaya atau tidak, kesehatan gigi berhubungan dengan kesehatan otak. Penelitian menunjukan bahwa mengunjungi dokter gigi dua kali setahun atau paling tidak membersihkan gigi secara teratur baik untuk kesehatan otak.

Penelitian lain menunjukan bahwa orang yang menggosok gigi kurang dari sekali sehari memiliki risiko terkena demensia 65% lebih tinggi.

4. Menonton film dokumenter tentang alam 

Dalam jurnal PLoS ONE, tertulis bahwa orang yang menonton film dokumenter tentang alam memiliki nilai lebih tinggi dalam tes kemampuan bahasa Mereka memiliki tingkat stress yang lebih rendah dan kualitas hidup yang lebih baik. Mereka punya otak yang lebih baik dari pada orang yang berhasil menyelesaikan permainan asah otak.

Jangan tunggu sampai tua, lakukan apa pun yang baik mulai dari hari ini.
Advertisement
advertisement
Tips Menjaga Otak Tetap Awet Muda | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar