Wawancara Bang Fadly : Semangat Positif Kolong Tulis

Advertisement
advertisement
Software adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah komputer. Tanpa software, komputer hanyalah perangkat keras tanpa guna. Perkembangan software komputer semakin pesat ketika banyak perusahaan yang mengembangkan berbagai jenis software untuk berbagai jenis pekerjaan.

Belakangan, beberapa software menjadi barang yang cukup mahal dan menjanjikan keuntungan besar bagi perusahaan yang berhasil mengembangkannya. Tapi, banyak pula orang yang berusaha membajak software berbayar tersebut dan membagikannya secara gratis.



Tentunya hal ini merugikan banyak pihak, pihak perusahaan tentu saja merugi karena produk mereka yang seharusnya berbayar malah bisa didapatkan secara gratis. Para pengguna software bajakan ini juga dirugikan karena masih banyak software bajakan yang mengandung virus yang membahayakan.

Hal tersebutlah yang menggugah seorang Fadly Rifa'I atau biasa disapa Bang Fadly, penulis di KOLONGTULIS untuk berbagi software yang memang gratis atau kerennya disebut Freeware lewat blognya. Bang Fadly ini adalah salah satu blogger asal Bekasi yang sekarang sedang melanjutkan kuliah dan punya hobi touring dan nonton Anime.

Berikut ini adalah hasil wawancara Dearryk.Com dengan Bang Fadly :

Pertanyaan Jawaban
Kapan bang fadly mulai ngeblog dan kenapa? Saya mulai ngeblog tahun 2009, saat itu cuma iseng-iseng saja membuat blog hanya untuk dipamerkan ke teman-teman. Tapi untuk blog kolongtulis saya buat sekitar tahun 2011 dan saya kelola dengan serius tahun 2013, tujuan awalnya hanya sebagai tempat pengganti harddisk saya yang sudah penuh untuk mengkoleksi software, blog menjadi tempat alternatif bagi saya untuk mengkoleksi software karena tidak ada batasan space, tapi lama kelamaan saya mulai menulis bukan untuk diri saya sendiri tapi juga untuk orang lain (pengunjung blog saya) dan akhirnya saya memiliki misi tersendiri untuk memberitahukan bahwa software gratisan juga tidak kalah hebat dari software yang berbayar. Intinya menekan penggunaan software bajakan di Indonesia, semoga saja, hehe. ^_^
Kenapa nama alamat blognya kolongtulis.blogspot.com? Kenapa kolongtulis? Mmm sebetulnya kolongtulis ini berasal dari dua kata kolong dan tulis, nama KOLONG saya ambil karena blog saya berada dibawah NAUNGAN blogspot, sementara itu kata NAUNGAN memiliki arti yang sama dengan kata KOLONG, dulu nya saya sempat bingung untuk memilih dua kata tersebut, tetapi karena kata KOLONG lebih familiar maka saya pilih kata tersebut, aneh sih tapi nyata. sementara nama TULIS karena blog identik dengan tulis-menulis. Kemudian saya gabungkan dua kata tersebut sehingga menjadi KolongTulis.
Kenapa memilih tema “Freeware dan Open Resource”? Padahal kebanyakan orang akan memilih mendownload software bajakanKerena memang hobi saya mengumpulkan software berlisensi Freeware dan Open Source, selain itu saya juga tidak begitu menyukai software bajakan yang sudah dibobol dengan menggunakan crack karena mengandung banyak virus, walaupun sebetulnya bisa diantisipasi oleh antivirus tapi lebih baik mencegah daripada mengobati. ^_^
Bagaimana cara bang Fadly mendatangkan banyak pengunjung di blog? Untuk pengunjung saya cuma mengandalkan google tapi bukan berarti saya jago teknik SEO, sejujurnya saya sulit sekali untuk memahami SEO, teknik yang saya ketahui Cuma mencari Backlink dengan cara blogwalking, dengan blogwalking saya bukan hanya mendapatkan backlink tetapi juga bisa menambah ilmu pengetahuan itu lah yang paling saya suka dari blogwalking. Saya juga mensubmit artikel saya ke social bookmarking seperti lintas.me tetapi tidak begitu berpengaruh terhadap blog saya, ya karena blog saya hanya berisi review software bukan berisi berita-berita heboh dan hot yang bisa membuat penasaran.
Apa kendala terbesar bang fadly dalam ngeblog selama ini? Kendalanya banyak banget, tapi kendala terbesar nya adalah kurang memiliki waktu.
Kalau punya kesempatan menghasilkan uang dari blog, apakah akan diterima? Atau program apa yang akan dipilih untuk menghasilkan uang dari blog? Pastinya akan saya terima jika sudah memiliki kesempatan, tapi sayang nya untuk sekarang kesempatan tersebut belum terbuka bagi blog saya, tapi saya akan terus berusaha untuk membuka kesempatan tersebut, semoga saja. ^_^ Untuk programnya belum saya pikirkan karena sekarang sedang fokus ke trafik terlebih dahulu.
Apa tips atau kiat-kiat bagi blogger-blogger lain yang punya misi positif seperti bang fadly? Apa ya tips nya? Saya juga bingung, hehe. Yang pasti hal positif itu adalah hal yang baik, dulu sekali saya pernah membaca sebuah artikel (tapi saya lupa membacanya diblog mana) yang menyatakan bahwa jadilah blogger yang baik maka hasilnya pun akan baik karena kebaikan pasti akan dibalas dengan kebaikan, jadi tetaplah lanjutkan misi positif kalian dan konsistenlah dijalur tersebut, mungkin akan ada banyak rintangan dan tantangan ditengah jalan, semangat dan bekerja keras lah serta hadapi rintangan tersebut karena hidup ini memang penuh dengan tantangan. ^_^

Advertisement
advertisement
Wawancara Bang Fadly : Semangat Positif Kolong Tulis | Ari Kurniawan | 5

10 Komentar:

  1. Blog Kolong Tulis memang sangat bagus. Loading nya ringan, tanpa iklan, dan banyak konten menarik yang sediakan terutama sesuai dengan niche blog nya yaitu membahas tentag software dan game gratis.

    Yang saya salut adalah konsistensi dalam update blog itu lho. Setiap hari pasti update. Ada aja konten yang di share oleh Saudara Fadly kepada pemirsa blog setianya. Selain konsisten update blog, beliau juga konsisten dalam blogwalking.

    Semoga sukses untuk Saudara Fadly Rifa'i dalam mengelola blog nya "Kolong Tulis".

    BalasHapus
  2. blog kolong tulis emang joss gandos

    BalasHapus
  3. semoga akan sukses dikendian hari

    BalasHapus
  4. ane salut sama bang Fadly yang gak pernah telat dengan BLOGWALKINGnya,,, sungguh patut ditiru bagi blogger yang lain

    BalasHapus
  5. walaupun saya sendiri masih belum lama blogwalking, tp setiap saya blogwalking pasti ketemu kmentar yang bernama kolong tulis, hebat, salut saya

    BalasHapus
  6. belajar dan berbagi serta bersilaturrahmi,,,,
    sukses wt mas fadly

    BalasHapus
  7. wah, ternyata softwarenya open source semua,, kerennn

    BalasHapus
  8. Wawancara saya dong gan :D

    #ngarep.gov

    BalasHapus
  9. Saya sangat setuju mencari pengunjung dengan cara "Blogwalking" :)

    BalasHapus
  10. yah, blog Kolong Tulis memang keren, selalu ada pas saya buat artikel. selalu nongol dia.. :-d

    BalasHapus