Wawancara Radhite : Kisah Dibalik ApaKabarDunia.Com

Advertisement
advertisement
Bagi kalian yang suka "gentayangan" di dunia maya, pasti tidak asing dengan blog Apa Kabar Dunia (www.apakabardunia.com) kan? Blog yang sangat terkenal ini memiliki lebih dari 123.000 Likes pada Fan Page-nya di Facebook (www.facebook.com/apakabardunia) dan lebih dari 7000 followers di akun twitternya (@apakabardunia).

(Data ini saya dapatkan pada 7 Oktober 2013)

Setelah sebelumnya saya mewawancari Bang Fadly, admin dari Kolong Tulis (Wawancara Bang Fadly : Semangat Positif Kolong Tulis) tentang blognya yang hampir 100% berisikan software gratis yang punya kualitas oke. Kali ini saya berhasil mewawancarai Radhite, admin sekaligus salah satu penulis di Apa Kabar Dunia.



Apa Kabar Dunia sebenarnya dikelola oleh 2 orang yaitu Radhite sendiri dan X.A.N. Kebetulan, yang saya wawancarai kali ini adalah Radhite, seorang web developer yang menurut saya sih punya cita-cita mulia. Dia bercita-cita memiliki sebuah Lounge dengan konsep Hi-Tech yang isinya semacam museum IPTEK atau Taman Pintar Jogja dimana semua pengunjungnya bebas nongkrong dengan WiFi Gratisan sambil ngobrolin ide segar seputar inovasi teknologi.


Berikut ini adalah hasil wawancara Dearryk.Com dengan Radhite yang punya hobi jalan-jalan, nonton, makan mie goreng plus menikmati sushi ini.

Pertanyaan Jawaban
Kapan anda mulai ngeblog dan kenapa? Saya mulai ngeblog itu tahun 2008 akhir. Awalnya karena sering ngelirik teman sebelah yang bisa kerja tapi bisa disambi ngeblog juga.

Ya karena teman saya itu sering share gimana serunya ngeblog jadi saya juga tertarik deh untuk mencoba.

 Tapi kadang agak kurang nyaman juga si karena harus curi-curi waktu disela-sela rutinitas kerja di kantor. Jadi seakan-akan memanfaatkan fasilitas kantor buat nyambi ngeblog hehehee . . .

 Tapi sekarang dah insyaf kok, jadi ngeblognya diluar “office hour”:D
Kenapa nama alamat blognya apakabardunia.com? Nah ini dia, untuk cari nama yang pas itu butuh waktu lebih dari seminggu, susah banget. Karena saya belum bisa mulai kalau semuanya belum pas di hati, termasuk nama blognya.

 Nama blog ini awalnya saya temukan ketika pagi hari berangkat ke kantor naik motor. Sepanjang perjalanan, imajinasi saya selalu menggali nama apa ya yang mudah disebutkan, mudah diingat dan mudah untuk ditulis.

 Akhirnya dapat satu nama “Apakabardunia”. Kenapa pilihan saya jatuh pada nama itu, ya karena nama ini masuk dalam kriteria 3 kemudahan yang saya sebutkan tadi.

 Dan rasanya sangat cocok bagi saya yang selalu mencari tahu apa yang terjadi dengan dunia hari ini.

 Tapi bukan berita namun lebih ke hal-hal yang unik, seru dan juga yang banyak unsur menambah ilmu pengetahuannya.

 “Kalau berita saya kurang suka, karena belakangan ini lebih banyak berita yang negatifnya, malah jadi bikin stress nanti :D”
Kenapa memilih tema “berita menarik”? Padahal banyak blog yang memiliki tema serupa Saya suka membaca artikel-artikel ringan seperti info-info, humor, perkembangan teknologi, mitos dan sains.

 Nah, selama ini saya hanya menandai artikel-artikel yang saya baca dengan hanya di bookmark.

 Tapi sayangnya untuk artikel yang sudah lama kadang link nya juga sudah dihapus, jadi hilang deh koleksi saya.

 Padahal kadang artikel yang hilang itu favorit saya, ya mau gimana lagi itu kan hak penulisnya mau dihapus atau ngga.

 Nah karena sering kejadian kayak gitu, akhirnya saya berinisiatif untuk membuat blog yang isinya kumpulan artikel-artikel yang pernah saya koleksi dan juga tambahan artikel yang menarik lainnya.

 Pilihan artikelnya hanya yang saya sukai cerita, gambar dan informasinya. Kebanyakan sih mengenai mitos, sains, fiksi ilmiah juga ada, ya pokoknya yang seru-seru aja deh.

 Saya sangat selektif dalam memilih artikel yang mau diposting, karena tujuan saya menambah pengetahuan pembaca yang infonya itu ga akan pernah basi. Makanya saya tidak cantumkan tanggal di setiap postingan saya.

 Jadi tidak semata-mata hanya mengejar banyak postingan dan trafik. Karena kebanyakan web/blog yang lain seperti itu.
Bagaimana cara anda mendatangkan banyak pengunjung di blog? Hmm sebenarnya simple si, pengunjung akan datang sendiri kalau konten kita dianggap menarik dan bermanfaat untuk mereka.

Jadi dari awal saya belum pernah mempromosikan blog ini seperti cara-cara promo yang banyak dibicarakan di kalangan blogger (blogwalking, post di berbagai social bookmarking atau meninggalkan link di berbagai fasilitas komentar atau chat box).

Awalnya saya hanya submit domain ke Google dan Yahoo agar bisa lebih cepat terindex. Kemudia saya buatkan Fan Page Facebook dan Twitter.

Alhamdulillah hasilnya sudah dapat membuat saya tambah semangat untuk ngeblog. 

Pengunjung Blog ini lebih banyak datang karena info dari teman-teman mereka, jadi bisa dibilang dari mulu ke mulut. Saya rasa promo seperti ini lebih ampuh dari promosi apapun.

 Intinya konten menarik dan bermanfaat, maka pengunjung akan terus berdatangan, kembali lagi setiap hari dan yang paling menguntungkan adalah jika mereka puas maka bisa dipastikan mereka akan sebar blog ini ke teman-teman mereka lainnya.
Apa kendala terbesar anda dalam ngeblog selama ini? Mungkin hampir sama dengan para blogger yang juga masih bekerja kantoran. Yup kendalanya adalah di waktu.

 Namun saat ini saya sudah dibantu oleh seorang teman (X.A.N) yang dengan setia terus memberikan kontribusi postingannya tanpa menuntut apa-apa kepada saya. Salut untuk teman saya yang satu ini.

Lalu kendala berikutnya lebih ke permintaan pengunjung yang menginginkan agar per hari nya jumlah postingan ditambah, karena saat ini dalam satu hari kami hanya bisa membuat postingan antara 3 - 5 postingan. Nah kendala inilah yang masih terus kami usahakan untuk mencari solusinya, mengingat saya hanya dibantu seorang teman saya untuk mengelola blog ini.

 “Maafkan kami ya para pembaca :D”
Seberapa pentingnya social media (twitter dan facebook) untuk blog anda dan kenapa? Sangat penting, karena dengan adanya tools auto share yang disediakan oleh kedua social media (facebook dan twitter) ini, kami sangat terbantu untuk mempercepat penyebaran dan update postingan terbaru ke para pembaca kami.
Apa tips atau kiat-kiat bagi blogger-blogger lain yang punya misi positif seperti bang radhite? Waduh kalau kasih tips kesannya saya dah hebat donk hehee. Ngga lah masih belum apa-apa dibanding para master blogger profesional lainnya. Jadi saya hanya akan share apa yang sudah saya alami selama ngeblog.

Saya bikin blog karena punya tujuan yang jelas. Blog saya, diisi dengan konten-konten yang juga jadi hobi saya.

Jadi saya tidak akan pernah bosan ngeblog walaupun tidak ada yang baca, karena kontennya pun kesukaan saya. Tujuan utama saya bukan pada mengejar traffic. Pengunjung akan datang sendiri jika konten kita bermanfaat buat mereka. Jika pengunjung sudah banyak, maka tanggung jawab pengelola blog jauh lebih besar. Jadi saya akan terus menjaga kenyamanan dan kepuasan mereka.

 Saya selalu mendengarkan apa yang pengunjung inginkan jika berkunjung ke blog ini. Saya selalu minta kritik dan masukan kepada mereka, dan menanggapinya dengan segera agar mereka merasakan bahwa blog ini adalah milik mereka juga.



Advertisement
advertisement
Wawancara Radhite : Kisah Dibalik ApaKabarDunia.Com | Ari Kurniawan | 5

3 Komentar:

  1. saya sering membaca artikel di apakabardunia.com karena diblog tersebut gudang nya ilmu pengetahuan umum. ^_^

    BalasHapus
  2. ceritanya ini admin vs admin ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Ini hanya wawancara dengan beberapa blogger yang saya rasa punya visi dan misi positif di bidangnya masing-masing

      Hapus