Pacific Rim : Film Robot Campur-Campur

Advertisement
advertisement
Saya bukan seorang penggemar film yang fanatik, tapi terkadang memang menaruh perhatian lebih pada film dengan tema robot. Misalnya saja Transformer dan Real Steel yang saya anggap cukup membekas. Ditambah lagi, tahun ini hadir film Pacific Rim yang juga bertema robot.

Pacific Rim memberikan "menu utama" berupa pertarungan antara Kaiju (monster alien) dan Jaegers (robot raksasa). Selain itu disisi sedikit drama di dalamnya.

Dalam postingan kali ini, saya akan memberikan beberapa hal menarik yang saya dapatkan setelah menonton film ini.

Monster yang familiar

Bagi kalian yang suka menonton serial Jepang seperti Power Ranger dan Ultraman, pasti akan merasa kalau para Kaiju di film Pacific Rim sangat mirip dengan monster di kedua serial tersebut. Belum lagi, nama "Kaiju" yang memang diambil dari bahasa Jepang.

Saya pun merasa bahwa para Kaiju ini memang mungkin terinspirasi dari monster Tokusatsu yang biasa ada di serial TV Jepang. Belum lagi monster-monster ini berasal dari laut yang mengingatkan kita pada film Godzilla.



Pertarungan Robot yang lebih menegangkan

Saya sudah berulang kali menonton Transformer, tapi rasanya benar-benar berbeda saat menonton Pacific Rim. Guillermo del Toro, sang sutradara berhasil menghadirkan pertarungan antara para Jaegers dan Kaiju secara lebih seru.

Bayangkan ketika monster yang bobotnya diatas 2000 ton menghadapi robot baja raksasa ditengah samudra saat badai. Wah... Pokoknya ketegangannya terasa banget.

Walaupun pergerakan Para Jaegers jauh lebih lambat dari pergerakan robot di film lain, tapi hal itu justru membuatnya terkesan lebih nyata dan seru.

Sistem Pilot Ganda

Dalam serial anime Gundam dan Zoid, pilot pengendalinya hanya satu orang. Beda lagi di serial Power Rangers yang "pilot"-nya bervariasi dari sendiri hingga 7 orang.

Nah, dalam Pacific Rim beda lagi yaitu sistem pilot ganda. Hal ini terjadi karena jika Jaegers dikendalikan oleh seorang pilot saja, beban yang ditanggung terlalu berat, belum lagi paparan radiasi yang dialami. Diceritakan, saat Jaeger pertama diciptakan, pilot pertamanya bernama Kapten Adam Casey mengalami kejang hebat dan meninggal setelah mengendalikan Jaeger sendirian.

Sistem pilot ganda ini juga membawa unsur drama, karena pikiran kedua pilot harus terhubung yang artinya semua memori dari seorang pilot akan diketahui pilot lainnya.

Akhir yang bisa ditebak

Akhir dari film ini adalah ketika Gipsy Danger, salah satu Jaeger generasi lama yang masih menggunakan reaktor nuklir sebagai sumber tenaga berhasil masuk ke dimensi para Kaiju dan akhirnya meledak. Gipsy Danger awalnya dikendalikan oleh dua pilot yaitu Raliegh dan Mako, tapi kemudian Raliegh mengorbankan dirinya dan membiarkan Mako menyelamatkan diri lebih awal.

Untungnya, Raleigh berhasil selamat. Akhir yang mirip seperti ini pernah saya tonton dalam film The Core. Tapi, mungkin hanya sebuah kebetulan saja.
Advertisement
advertisement
Pacific Rim : Film Robot Campur-Campur | Ari Kurniawan | 5

1 Komentar:

  1. baca sinopsis nya saya jadi sangat penasaran dengan film ini.

    BalasHapus