Selamat Hari Blogger Nasional 2013

Advertisement
advertisement
Hari Blogger Nasional (Harblognas) pertama kali dicanangkan pada 27 Oktober 2007 oleh Muhammad Nuh yang waktu itu menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi RI dalam pembukaan Pesta Blogger tahun 2007.

Walaupun belum tercantum di kalender, tapi buat kalian para blogger harus tetap bangga dong punya hari nasional sendiri. Seperti kata Enda Nasution yang dikenal sebagai "Bapak Blogger Indonesia" yang menjadi chairman saat Persta Blogger 2007 tersebut :

"Hari Blogger bukanlah (belum) hari resmi dari pemerintah, tapi ini ada bagusnya karena mengingatkan kita bahwa kita pun boleh punya hari sendiri, dan maknanya terserah pada kita-kita, diisi oleh kita sendiri. Hari blogger ada dan terus ada atau tidak pun terserah pada kita."



Menurut sebuah data dari "Social Media Landscape", pada awal tahun 2011 saja, blogger di Indonesia tercatat berjumlah 4,1 juta. Mungkin hari ini jumlahnya bertambah karena semakin mudah dan banyaknya cara mengakses internet baik lewat tablet, smartphone, laptop atau PC.

Meningkatnya jumlah blogger di Indonesia tidak bisa terlepas dari banyaknya "seleb blogger" yang bermunculan. Seperti Raditya Dika dan Benazio Rizki (Bena Kribo). Mereka terkenal karena hobi dan gaya mereka dalam menulis. Syukurnya mereka menulis di blog dan bisa dibaca oleh banyak orang, bayangkan kalau mereka hanya menulis di buku harian tanpa ada orang lain yang membaca. 

Alasan lain meningkatnya jumlah blogger Indonesia adalah besarnya peluang untuk menghasilkan uang lewat blog yang dikelola, baik melalui perusahaan luar seperti Google Adsense, Amazon atau Clickbank maupun lewat perusahaan lokal seperti  IDBlogNetwork, Kliksaya dan Kumpulblogger.

Apa lagi ya?? Ehm... Oh ya, pada 2007 kopdar / kopi darat / ketemuan para blogger tingkat nasional disebut sebagai Pesta Blogger yang bertujuan untuk saling ketemu, berbagi cerita dan senang-senang. 2011, Pesta Blogger berubah jadi OnOffID. Apa bedanya?

OnOffID ini adalah Pesta Blogger yang sudah dicampur dengan unsur bisnis. Jadi, diharapkan para blogger Indonesia tidak cuma menjadikan blognya sebagai tempat curhat atau berbagi tapi bisa menjadi sumber penghasilan baik lewat dunia maya atau dunia nyata. 

Saya sendiri sudah mengenal dan membuat akun di blogger sejak Juli 2007, perjalanan ngeblog saya sudah sempat saya tulis dalam sebuah postingan "6 Tahun Kebersamaan Kita". Lalu? Saya harap sih bisa terus ngeblog sampai seterusnya, setidaknya untuk menyampaikan ide-ide saya kepada lebih banyak orang.

Untuk mengakhiri tulisan ini, saya ingin menyampaikan bahwa saya merasa bangga karena merupakan seorang blogger hari ini. Punya kebebasan untuk menyampaikan pendapat dan pandangan saya. Bisa berbangga menjadi bagian dari blogger Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika. 

Selamat Hari Blogger Nasional 2013
Semoga blogger Indonesia tetap menjadi pengisi konten yang berkualitas, positif dan kreatif


Advertisement
advertisement
Selamat Hari Blogger Nasional 2013 | Ari Kurniawan | 5

1 Komentar:

  1. Selamat hari blogger nasional 2013.

    Saya terharu baca tulisan ini, "saya merasa bangga karena merupakan seorang blogger hari ini.". ^^

    BalasHapus