Tips Mendownload File Berukuran Besar

Advertisement
advertisement
Bagi kalian yang doyan download film, game, software atau file-file berukuran besar lainnya. Pasti deh pernah punya pengalaman menunggu hingga berjam-jam hingga proses download selesai. Apalagi ketika kecepatan download sedang tidak maksimal.

Kenapa mendownload? Ya tentunya untuk menghemat pengeluaran. Kebanyakan orang akan lebih memilih mendownload sesuatu yang tersedia GRATIS di internet dibanding harus repot-repot ke toko dan mengeluarkan uang untuk membeli. Itu udah sifat alami manusia.

Oke, tanpa basa-basi lagi berikut ini Tips Mendownload File Berukuran Besar.



Periksa kesiapan alat tempur

Cek kondisi modem, apakah masih sehat atau sering sakit-sakitan (disconnect). Lalu, periksa jumlah kuota yang tersisa. Apakah mencukupi untuk mendownload file yang diinginkan. Jangan lupa periksa kondisi laptop/komputer, jangan sampai mengalami over heat, karena nanti laptop/PC bisa mati sendiri dan proses download akan jadi sia-sia.

Perhatikan kondisi medan pertempuran

Entah benar-benar ada hubungannya atau tidak, tapi mendownload di cuaca yang mendung atau hujan akan memakan waktu yang jauh lebih lama karena katanya modem akan lebih sulit menangkap sinyal. Jadi, disarankan melakukan download di hari yang lagi cerah.

Pergunakan senjata bantuan

Kalau mau proses download berjalan lebih cepat, gunakan senjata bantuan berupa software downloader. Saya rekomendasikan Internet Download Manager (IDM) versi terbaru, selain meningkatkan kecepatan download juga bisa melakukan resume saat koneksi tiba-tiba putus total.

Periksa kesiapan musuh

Kebanyakan file berukuran besar akan dipecah dalam beberapa part yang berukuran lebih kecil, berkisaran ratusan MB. Maka dari itu, periksa apakah semua link tersebut masih aktif atau tidak. Jangan sampai nanti ada yang tidak aktif atau corrupt. Kalau ada yang rusak gimana? Cari sumber atau link lainnya.

Bertempur

Setelah semuanya benar-benar siap. Langkah terakhir adalah SABAR. Download file satu per satu dengan sabar, karena kalau download bersamaan akan menurunkan kecepatan download itu sendiri. Kita tinggal di Indonesia yang kecepatan internetnya masuk peringkat diatas 100, jauh beda ketika tinggal di Hongkong, Jepang atau Korea Selatan yang punya kecepatan internet luar biasa.
Advertisement
advertisement
Tips Mendownload File Berukuran Besar | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar