Pertigaan Jalan Seorang Blogger

Advertisement
advertisement
Lebih dari enam tahun berkenalan dengan internet dan lebih dari dua tahun serius untuk ngeblog ternyata masih belum berhasil menempa keputusan saya. Keputusan untuk memilih jalur yang mana dalam menjadi seorang blogger.

Menjadi seorang blogger yang terkenal lewat tulisan-tulisannya yang inspiratif atau kocak?

Menjadi seorang blogger yang punya teknik-teknik hebat dalam "menaklukan" mesin pencari?

Menjadi seorang blogger yang punya banyak blog dan bisa menghasilkan banyak uang?

Menjadi seorang blogger yang punya banyak kenalan sesama blogger dan hobi kopdar?



Memilih seperti bukan bakat saya, jadi menentukan pilihan bukanlah hal yang mudah. Tapi, dilihat dari 4 pilihan diatas dan bercermin pada tampilan blog ini sekarang. Saya telah terjerumus menjadi blogger yang menggunakan teknik SEO dan berusaha menghasilkan uang dari blog ini.

Yang terlupakan adalah saat pertama kali membangun blog ini, saya tidak tahu apa itu SEO, bagaimana menghasilkan uang lewat sebuah blog atau bagaimana sebuah bisnis bisa berjalan dengan hanya bermodal sebuah blog.

Dulu saya lebih suka menulis sesuka hati, menulis apa yang dialami seharian, menulis apa yang terpikirkan tentang suatu kejadian atau peristiwa, bahkan jika itu sangat tidak penting. Dari dulu, saya memang bukan tipe orang yang suka blogwalking, kalau pun membaca beberapa blog, cenderung menjadi Silent Reader (SR).

2012 lalu, saya berhasrat setengah mati untuk menghasilkan uang lewat blog ini dan blog-blog lain yang saya miliki. Segala cara dicoba, mulai cara yang paling banyak digunakan sampai cara yang belum umum digunakan. Hasilnya? Memang sih bisa menghasilkan, tapi hasil nyata (Payout) belum pernah sampai di tangan.

Tahun ini, hasrat untuk menghasilkan uang lewat blog itu mulai meluntur. Bukan karena sudah menyerah atau bagaimana, tapi berusaha menghasilkan uang lewat blog ini membuat "rasa" dari blog ini menghilang. Blog ini seakan tidak punya "rasa" lagi, menjadi kaku dan terlalu terorientasi pada uang.

Lihat saja tampilannya yang terlalu kaku dan sederhana, tulisan yang dibuat terlalu "berhati-hati" dan lainnya. Sepertinya perlu perubahan besar-besaran pada diri saya untuk mengembalikan "rasa" blog ini seperti dulu lagi. Menjadi DEARRYK yang dulu. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuka diri, dimulai dengan blogwalking dan berkomentar. :)
Advertisement
advertisement
Pertigaan Jalan Seorang Blogger | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar