The Power of "Power Nap"

Advertisement
advertisement
Pasti banyak deh yang belum tau apa itu "Power Nap". Kalau dalam bahasa Indonesia, power nap bisa diartikan sebagai tidur singkat / tidur siang singkat. Percaya atau tidak, tidur siang yang singkat (antara 5 - 30 menit), jauh lebih sehat dan menyegarkan dibanding tidur siang selama 2 jam.

Power Nap ini sendiri berasal dari Spanyol dan Amerika Latin. Di Spanyol, power nap disebut sebagai "Siesta del Hidalgo". Dahulu, seorang Salvador Dali tidur di sebuah bangku sambil memegang sendok, tepat dibawahnya diletakan piring. 

Saat dia mulai tertidur, tangannya akan kehilangan pegangan dan melepaskan sendok yang akhirnya jatuh ke piring dan menimbulkan suara yang membangunkannya lagi. Dia mengklaim bahwa tidur semacam itu memberikan efek luar biasa pada pekerjaannya. 

Tertarik mencoba? Berikut ini caranya.



1. Temukan tempat yang nyaman

Temukan tempat yang nyaman. Kalau bisa matikan semua peralatan yang berpotensi mengganggu seperti ponsel. Kalau anda terganggu dengan suara berisik di sekitar anda, coba gunakan headphones dengan lagu klasik yang menenangkan. 

Kalau anda ingin tidur saat siang tapi terbiasa dengan tempat yang gelap untuk bisa tertidur. Coba gunakan kacamata hitam atau eye mask. 

2. Minum sedikit kafein sebelum tidur

Mungkin ini sedikit bertentangan dengan apa yang kita ketahui selama ini. Tapi, kafein membutuhkan waktu sekitar 30 - 45 menit untuk diserap oleh tubuh. Jadi, minum 200 mg kafein sebelum tidur selama 20 menit tidak hanya meningkatkan performa saat anda terbangun, tapi juga mencegah anda merasa tertidur lagi. 

Cara ini biasa disebut "The Caffeine Nap". Bagi anda yang kurang suka dengan ini, boleh kok tidak dilakukan. :)

3. Persiapkan alarm selama 15 menit

Setelah minum sedikit kopi, teh hijau atau minuman berenergi tadi. Set alarm anda untuk 15 menit, tapi cara ini hanya bisa dilakukan bagi anda yang bisa tertidur dengan mudah. Tapi, biasanya alarm akan di-set untuk 25 menit. 

Bagi kalian yang punya kebiasaan memencet tombol "Snooze", taruhlah alarm anda ditempat yang cukup jauh dan anda harus bangun untuk mematikannya. 

4. Saatnya tidur

Walaupun anda tidak bisa tertidur, cobalah untuk sekedar berbaring, memejamkan mata dan bermeditasi. Cobalah menjadikan power nap sebagai kebiasaan dan tubuh anda akan "terlatih" hingga akhirnya akan mudah tertidur. 

Power Nap itu mengambil keuntungan dari 2 tahap pertama dari 5 tahap tidur manusia. 2 tahap itu terjadi selama 25 menit pertama saat kita mulai tidur. Keuntungan berupa merasa lebih segar dan tanggap. Membuat otak bekerja makin cepat dan akurat. 

5. Bangun secepat alarm selesai berbunyi

Waktu terbaik untuk melakukan power nap maksimal adalah 30 menit, kalau bisa dibawah 20 menit akan jauh lebih baik. Kalau lebih dari 30 menit, akan mengalami yang disebut Sleep Inertia (Inersia), dimana tubuh akan merasa jauh lebih lelah dari sebelumnya. 

Setelah bangun, cucilah muka anda dan cari tempat yang lebih terang dari tempat dimana anda tidur. Lalu lakukan sedikit aktivitas fisik seperti jumping jack atau lari di tempat.

Oh ya, power nap ini juga sangat berguna saat merasa kelelahan karena perjalanan jauh. Cukup tepikan kendaraan di pinggir jalan / rest area dan lakukan langkah-langkah diatas. 

Selamat, anda sudah sukses melakukan power nap. Bagaimana rasanya???
Advertisement
advertisement
The Power of "Power Nap" | Ari Kurniawan | 5

1 Komentar:

  1. tepat sekali metode ini,,,,hal sy lakukan pada saat proses mengikuti tes mencari kerja yang memakan waktu pagi sampai sore hari ( marathon ). Dengan bekal sedikit pengetahuan tentang meditasi, metode ini sy terapkan dan hasilnya luar biasa, sy terbantu dan dapat melalui proses tes tahap demi tahap dengan nyaman dan stamina, kesegaran tubuh tetap terjaga. Saya menyebutnya meditasi minimalis...

    BalasHapus