3 Tujuan Hidup Dearryk di 2014

Advertisement
advertisement
Fajar pertama di 2014 akhirnya tiba, ya walaupun suasana di daerah saya masih terus hujan sejak malam pergantian tahun sampai sore pertama di hari pertama tahun 2014, tapi tak apa.

Menurut orang Tionghoa, hujan di tahun baru berarti tahun ini akan penuh dengan berkah :)

Hari pertama di tahun baru, banyak orang mengisinya dengan membuat resolusi kita di tahun ini, tentang apa yang ingin dicapai, apa yang harus kita lakukan dan sebagainya. Saya pun demikian, tapi saya menetapkan resolusi tahun ini dengan target serealistis mungkin.

Berikut ini adalah 3 tujuan hidup saya di tahun 2014 ini.

1. LULUS UN 2014


Kalau dihitung dari hari ini, waktu sebelum UN 2014 adalah sekitar 100 hari. Belum lagi dipotong dengan hari minggu, hari libur nasional dan hari libur lokal di Bali. Walaupun sudah berpengalaman ikut UN sebanyak 2 kali tapi tetap saja ada rasa tegang dan takut.

Apalagi ini adalah UN terakhir bagi saya, jadi ada rasa gimana gitu. Tapi, saya tetap optimis untuk bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Karena itulah, 100 hari ke depan, saya akan lebih fokus pada belajar, belajar dan belajar.

Kenapa LULUS UN 2014 menjadi tujuan pertama yang ingin dicapai di tahun ini? Ya karena seperti sebuah perjalanan, pasti harus ada awal dan akhir. UN adalah pertarungan akhir dari setiap perjalanan dan perjuangan seseorang siswa. Maka, LULUS UN adalah tujuan akhir alias garis finish bagi seorang pelajar.

Khususnya UN SMA, ini adalah garis finish terakhir. Setelah lulus, kita bisa melanjutkan belajar sebagai mahasiswa, bisa bekerja atau hanya diam saja. Tapi sebelum itu, kita harus mencapai garis finish-nya dulu.

2. Memilih dan Masuk Universitas / Perguruan Tinggi

 
Awal-awal tahun ini, saya diharuskan memilih mau melanjutkan ke mana. Karena tidak mendapat ijin untuk kuliah di luar Bali tapi bebas memilih mau kuliah dimana saja asal di Bali. Maka hanya hanya ada 2 pilihan PTN yaitu Universitas Udayana (UNUD) dan Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA).

Pilihan pertama dan satu-satunya bagi saya adalah Universitas Udayana. Kenapa? Karena saya tidak ada rencana menjadi seorang guru dan memang tidak ada bakat serta minat di bidang tersebut. Pilihan saya jatuh antara jurusan Teknik Informatika - UNUD atau Teknologi Informasi - UNUD.

Memang sih peminat untuk kedua jurusan tersebut lumayan tinggi, dilihat dari data tahun lalu, peminatnya termasuk yang paling tinggi dibawah fakultas kedokteran. Padahal, daya tampungnya tidak begitu banyak.

Entah jalur SNMPTN, SBMPTN atau yang lainnya, saya akan berusaha dulu untuk masuk ke fakultas tersebut. Ya, kalau gagal, masih banyak kampus-kampus swasta yang tidak kalah bagusnya kok. :)

3. Ikut PEMILU


Entah ini bisa disebut tujuan hidup atau tidak, tapi kata bapak saya, sehebat apapun teori yang kamu kuasai, kalau tidak punya pengalaman melakukannya, tidak ada gunanya.

Begitu juga dengan PEMILU, percuma punya hak pilih, tau tata cara kampanye dan memilih tapi tidak pernah ikut mencoblos/mencontreng secara langsung di TPS.

Ikut PEMILU itu penting, banyak orang yang golput karena tidak percaya dengan tokoh-tokoh yang mencalonkan diri dalam Pemilu. Bagi saya, alasan itu tidak masuk akal, mereka yang mencalon diri justru adalah orang-orang yang siap memimpin kita.

Tugas kitalah untuk memilih siapa yang paling tepat dan paling dapat dipercaya. Karena itulah diadakan Pemilihan. Kalau memang tidak percaya dengan orang lain, kenapa tidak mencalonkan diri saja? Gitu aja kok repot.

Oke, sekian tulisan pertama di tahun 2014 ini. Setelah ini, mungkin saja akan lebih jarang menulis lagi di blog ini selama beberapa bulan ke depan. :)
Advertisement
advertisement
3 Tujuan Hidup Dearryk di 2014 | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar