6 Tips Menghilangkan Ngantuk

Advertisement
advertisement
Ngantuk adalah sesuatu yang wajar-wajar saja, apalagi bagi orang-orang yang punya banyak kegiatan alias sibuk. Untuk menghilangkan ngantuk, kebanyakan orang akan memilih tidur. Tapi, kalau ngantuk datang di saat-saat kita bekerja / sekolah, biasanya minum kopi, teh atau bahkan air menjadi pilihan.

Nah, bagaimana kalau rasa kantuk ini justru datang di pagi hari saat baru saja bangun? Banyak orang, termasuk saya yang biasanya masih ingin tidur lagi ketika sudah bangun di pagi hari. Beberapa orang akan memilih minum kopi untuk menghilangkan kantuk di pagi hari ini, tapi kebiasaan itu justru kurang sehat.

Kali ini, saya akan memberikan Tips Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari tanpa kopi.

1. Sinar Matahari


Sinar matahari terbit (06.00 - 09.00) terbukti sangat bermanfaat. Orang yang bangun pagi dan terpapar sinar matahari pagi, biasanya mempunyai sirkulasi darah yang lancar dan mudah berkonsentrasi.

Selain itu, bagun pagi juga membuat tubuh merasa bugar dan membuat waktu tidur jadi lebih proporsional. Caranya, cukup bangun pagi, lalu keluar agar badan bersentuhan dengan matahari.

2. Pijatan Ringan


Menurut sebuah studi, pijatan ringan di pelipis bisa meningkatkan stamina tubuh dan membuat orang cepat terjaga setelah bangun. Ada 5 titik untuk menstimulasi tubuh agar tidak cepat ngantuk yaitu puncak kepala, antara ibu jari dan telunjuk, area sebelah kanan dibawah pusat tempurung lutut, dibawah mata kaki dan di pangkal leher.

Pijatan ringan ini bisa dilakukan sendiri, atau minta tolong kepada orang lain.

3. Minum Segelas Air

 
Setelah sekitar 7-8 jam tidur, tubuh akan kehilangan cairan. Untuk itulah, sangat disarankan untuk minum segelas air segera setelah bangun pagi. Apalagi air putih dingin.

Selain itu, melakukan teknik Ayuruevedic Practice of Ishnaya (APoI) yaitu menggosok lengan, tangan dan kaki dengan handuk yang diisi es batu selama 2 menit, dianggap mampu mengeluarkan racun dari tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

4. Olahraga Ringan


Saat bangun, sirkulasi darah tidak berjalan dengan begitu baik, karena itu disarankan melakukan olahraga ringan setelah bangun pagi. Selain dapat melancarkan darah, olahraga juga dapat meningkatkan hormon endorfin.

Olahraga ini bisa dilakukan di kamar dan memerlukan waktu sekitar 5-10 menit saja. Ya seperti lari di tempat, jumping jack dan olahraga ringan lainnya.

5. Sarapan Pagi


Sarapan menjadi senjata ampuh untuk menghilangkan kantuk sekaligus meninggalkan kebiasaan ngopi di pagi hari. Sarapan pagi diusahakan yang mengantuk serat dan protein tinggi serta ditambah susu. Tapi, sarapan pagi yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan badan menjadi lemas dan ngantuk sepanjang hari.

Jadi, pintar-pintarlah memilih menu sarapan anda.

6. Mandi Air Dingin



Mandi menjadi senjata terakhir untuk membasmi rasa kantuk, mandi air dingin di pagi hari dipercaya selain bisa menghilangkan kantuk juga bisa memperlancar sirkulasi darah sekaligus meningkatkan sistim imun di tubuh kita.

Itulah beberapa Tips untuk menghilangkan kantuk di pagi hari. Tips nomor 2, 3, dan 4 juga bisa dipakai untuk menghilangkan ngantuk kapan saja dia datang menyerang.
Advertisement
advertisement
6 Tips Menghilangkan Ngantuk | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar