Game PS1 yang Bikin Kangen

Advertisement
advertisement
Walau generasi keempat dari PlayStation (PS4) sudah dirilis, bahkan sudah mencetak rekor penjualan dan diharapkan bisa sejajar dengan penjualan PS2 yang masih sangat banyak dipakai saat ini, TAPI, generasi pertama PlayStation (PS1) bagi saya tetap yang paling bikin kangen.

Walau bisa dikatakan kualitas grafisnya sangat buruk dibandingkan PS2 apalagi PS4. Ditambah PS1 masih gitu-gitu aja dan tidak seperti PS3 atau PS4 yang bisa dipakai bermain secara online dengan siapapun di planet ini.

Tapi, ada game-game PS1 bisa dikatakan sangat legend dan tidak tergantikan. Berikut ini adalah beberapa game yang bikin saya kangen banget dengan PS1.

Azure Dreams



Game ini mirip seperti Pokemon, tapi dikemas berbeda. Bercerita tentang seorang anak laki-laki yang tinggal di sebuah desa ditengah gurun. Di desa tersebut ada sebuah menara tinggi yang disebut Monster Tower.

Suatu hari, anak laki-laki tersebut berusia 15 tahun dan boleh masuk ke dalam menara. Dia bertemu monster yang bisa berbicara bahasa manusia. Mereka pun melakukan petualangan menuju puncak menara untuk mencari tau tentang ayah dari si anak lelaki tersebut.

Bagian yang menarik adalah side-mission dari game ini, semakin sering masuk ke tower dan mengalahkan monster, maka kita akan semakin kaya dan bisa membangun desa seperti membuat bioskop bahkan kolam renang diatas rumah.

Belum lagi hubungan cinta dengan karakter lainnya, kalau tidak salah ada 7 gadis di desa yang bisa "dipacari".

Tomba! 2


 Walau game ini adalah bisa dikatakan platformer, tapi game ini bagi saya cukup epic. Mulai dari karakter, permainan, jalan cerita dan lainnya. Walau sudah berkali-kali memainkannya, kalau sekarang mendapat kesempatan untuk bermain lagi, saya akan mengiyakan.

Dalam game ini kita berperan sebagai Tomba dengan senjata andalannya kalau tidak salah adalah palu dan melawan babi. Saya masih ingat, bagaimana serunya menjalankan misi, merasa deg-degan ketika melawan Evil Pig dan serunya waktu menjalankan side-mission seperti memancing dan lainnya.

Tomba! 2 ini mendapat tanggapan positif dari para kritikus game di masanya. Bahkan mendapat nilai 9/10 dari IGN dan 8.4/10 dari GameSpot.

Harvest Moon : Back to Nature


Ini dia game yang pernah membuat saya tidur pada pukul 2 pagi lalu bangun pada pukul 7 pagi untuk MAIN LAGI. Game ini termasuk dalam 20 game pertama yang saya miliki dan entah sudah berapa kali membeli game ini.

Kalau ditanya apakah masih ingat bagian-bagian dari game ini? Ya! Saya bisa mengingat sebagian besar event dan nama karakternya. Bahkan beberapa rahasianya masih saya ingat sampai sekarang. Walau sudah mencoba memainkan Harvest Moon di PS2, tetang HM : Back to Nature menjadi yang terbaik bagi saya.

 Musik, jalan cerita, karakter dan kebebasan dalam menentukan nasib karakter menjadikan hampir semua seri HM pasti menarik bagi siapapun.

Suikoden 2


 Game yang paling bikin saya kangen dengan PS1 adalah Suikoden 2. Game ini adalah game terbaik di PS1 bagi saya. Semuanya keren, musik yang super keren, jalan cerita yang sebenarnya rumit tapi seru, hubungan antar karakter yang sangat kuat, permainan yang menarik.

Game ini mengajarkan saya bahwa persahabatan sejati bisa bertahan dari segala hal bahkan hal-hal seberbahaya politik dan pengkhianatan. Game ini juga diisi oleh musik yang enak didengar selama bermain, setiap tempat memiliki musiknya sendiri.

Karakternya pun ada banyak, karakter utama ada 3 yaitu Riou, Jowy dan Nanami ditambah 108 karakter lain ditambah lagi karakter minornya.

Kalau ditanya game apa yang benar-benar saya nikmati dalam bermain, jawabannya masih SUIKODEN 2. 

Itulah game-game PS1 yang membuat saya super kangen dengan PS1. :)

Advertisement
advertisement
Game PS1 yang Bikin Kangen | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar