Yuk Keep Personal

Advertisement
advertisement
Mengenal dunia blogger dari sebuah blog yang membahas tentang kitab suci, epos Ramayana dan perdebatan lintas agama membuat saya menjadi seorang blogger yang pada awalnya tidak terlalu peduli tentang apa-apa saja yang harus ada pada sebuah blog.

Intinya, selama isi dari blog itu bermanfaat ketika dibaca, maka blog itu bagus. Tidak peduli seberapa banyak dia menampilkan iklan, seberapa buruk kualitas SEO-nya atau seberapa sering sang blogger menambah tulisan barunya.


Arah itu mulai berubah ketika saya membaca blog dari luar negeri seperti DailyBlogTips, DoshDosh, Problogger sampai Mashable. Tampilan sederhana, iklan yang cukup mencuri perhatian mata, kualitas SEO yang mumpuni tapi tetap menjunjung isi bermutu. Ditambah penghasilan hingga ribuan dollar sebulan.

Pernah juga arah saya digoda oleh fenomena sesaat, dimana bermunculan blog-blog yang isinya memang bermanfaat tapi rasanya "kok gini sih?". Sang blogger bahkan tidak mengetahui dan menguasai tentang apa yang ada di blognya. Ya, bisa dikatakan hanya sekedar copy-paste dari blog sebelah.

Tapi, walau hanya copy-paste dari blog, forum atau mailing list. Karena isinya yang menarik bagi sebagian besar orang, blog tersebut jadi kebanjiran iklan dan penghasilan. Hal-hal itu sempat menggoda saya juga.

Oke, mungkin itu adalah cara menghasilkan uang dari internet dengan cara yang terlalu mudah, ya, mudah datang dan mudah pergi. Waktunya belajar dengan lebih serius.

Maka, saya mulai mencari informasi tentang cara menghasilkan uang dari internet, khususnya dari blog. Mulai dari cara umum seperti Google Adsense sampai cara-cara yang agak nyeleneh. Tapi, tidak ada satu pun yang 100% berhasil.


Mungkin karena saya memang tidak hebat dalam bidang yang satu ini.

Waktunya kembali ke jalur utama, menulis untuk diri sendiri. Ya, sejak awal, saya memang menulis untuk diri sendiri, tapi bukan diary hanya sebuah surat.

Bagi saya, menulis di blog itu seperti menulis sebuah surat untuk diri kita di masa depan, sehingga ketika suatu saat saya bimbang, maka saya bisa membuka arsip blog ini dan belajar dari apa yang pernah saya tulis di masa lalu.

Mungkin terdengar aneh, tapi ini nyata. Ingatan manusia itu terbatas, kalian mungkin tidak bisa mengingat dengan jelas apa yang kalian lakukan 18 jam yang lalu bukan? Tapi, dengan menuliskannya, kita bisa melakukan "calling back memories" dengan membaca tulisan yang pernah ditulis sebelumnya.

Sampai saat ini, saya belum menyerah untuk bisa menghasilkan uang dari blog ini. Tapi, bukan berarti hal itu akan membuat saya mengubah blog ini dari blog pribadi menjadi blog bisnis.

Nah, untuk mendukung cita-cita saya itu. Saya akan bergabung dengan salah satu Komunitas Blogger yang ada di Indonesia, mereka adalah para blogger yang memilih jalur personal dan punya hobi BlogWalking. Namanya, Blogger Energy.

Photobucket

Advertisement
advertisement
Yuk Keep Personal | Ari Kurniawan | 5

6 Komentar:

  1. makin fokus jadi blogger personal ya...
    moga makin sering berbagi cerita di blog ini... semangaaatttt~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di blog ini sih saya pasti jadi blogger personal karena emang ini blog pribadi saya.

      Tapi, kalau di blog lain bisa beda ceritanya :D

      Hapus
  2. kita samaan, dulu sempet tertarik sama dapetin duit dari blog, tp ya sama ga semua berhasil, dan emang lebih asik jd blogger personal. lebih keren dan anti copas. salam kenal y :)

    BalasHapus
  3. Waah sampe sekarang pun masih ngejer duit dari blog yaa? Hehe. Moga tercapai deh ^^

    Kalo gue sih belom ada pikiran buat ngasilin duit dari blog. Gue cuma sekedar berbagi tulisan dan hobi labil gue, menulis. Dan bener kata lo, dengan tulisan kita bisa kembali mengingat hal yang tadinya gak diinget. Tentang moment-moment yang terlewatkan yang akan jadi sia-sia kalo gak di abadikan. Right? hehe

    Btw, welkam ea di BE. Moga betah dan semangat ngeblognya makin menjadi-jadi.

    Salam kenal dari kunti kunyuk ^^

    BalasHapus
  4. ga ada salahnya me monetize blog. memang harus seperti itu, jangan cuman galau, kalo bisa menghasilkan karya. entah itu buku atau lainnya. kalo blogwalking itu mah memang sudah kewajiban para blogger, mau personal atau bukan blogwalking tetap wajib. selamat bergabung di BE! semoga jadi rumah yg nyaman buat kamu ;)

    BalasHapus
  5. selamat datang di BE, rumahnya para blogger personal. kita akan berbagi cerita personal disini, semoga betah.

    BalasHapus