Kegiatan Sederhana Memperingati Hari Bumi

Advertisement
advertisement
Hari Bumi jatuh pada tanggal 22 April setiap tahunnya. Terus kita harus ngapain?? Awalnya sih saya juga berpikir demikian, emang sih banyak ada peringatan tentang lingkungan dan sebagainya. Tapi, kita cuma diberitahu bahwa "Ini Hari Bumi, Ini Hari Lingkungan Hidup, Ini Hari Air..." , lalu kita harus apa? Sekedar tahu?

Supaya tidak ada pemikiran seperti itu lagi, maka saya mencari-cari kegiatan-kegiatan sederhana yang bisa dilakukan saat Hari Bumi. Kalau bisa sih, kegiatan ini dijadikan kebiasaan sehingga nantinya bisa memberi manfaat.

Berikut ini kegiatan sederhana memperingati Hari Bumi


1. Didik Diri Sendiri

Nah, dari pada sekedar nge-tweet atau buat status "Selamat Hari Bumi", ada baiknya manfaatkan koneksi internet yang tersedia untuk mencari informasi tentang hal-hal yang berhbungan dengan penyelamatan lingkungan dan lain-lain. Misalnya seperti pemanasan global, daur ulang sampah, konsumsi energi dan lainnya.

Setelah mengetahui dan memahami fakta-fakta yang terjadi, pasti akan lebih mudah untuk mengajak atau memberitahu orang lain.

2. Tanam Satu Pohon

Anggaplah informasi dan pengetahuan yang didapat sudah cukup, maka lakukanlah hal berikutnya, menanam satu pohon. Pilih pohon yang bermanfaat sekaligus ramah lingkungan, rekomendasi sih pohon kelengkeng atau kembang sepatu.

Atau cari pohon lain yang dianggap mendatangkan manfaat sekaligus bisa menyerap polutan berbahaya. Kok satu pohon? Ya, lebih baik satu pohon setahun dari pada tidak sama sekali.

3. Ganti Bohlam Kamar

Ganti bohlam di kamar dengan bohlam CFL (Compact Fluorescent Light). Kalau tidak ketemu, gantilah bohlam kamar dengan yang nyalanya putih, selain lebih ramah lingkungan, bohlam putih biasanya lebih tahan lama dan hemat energi.

4. Matikan Lampu/Peralatan Listrik Lain jika Tidak Dipakai

Percaya atau tidak, walau terdengar sangat sepele, tapi mematikan lampu yang tidak digunakan berdampak besar, selain bagi lingkungan juga bagi keuangan bulanan. Masih banyak orang yang terkadang lupa atau bahkan sengaja tidak mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan.

Oh ya, kalau tidur, usahakan juga mematikan lampu dan alat-alat lain yang mungkin mengeluarkan cahaya. Hal ini memiliki dampak positif bagi tubuh dan siklus tidur, ditambah lagi bisa menghemat energi dan akhirnya jadi peduli lingkungan.

5. Hemat Air

Mandilah seefektif dan sebersih mungkin, matikan keran saat menggosok gigi, jangan buang-buang air saat mencuci mobil, motor atau menyiram tanaman. Hal-hal sederhana seperti itu akan berdampak besar jika dilakukan seterusnya dan bisa menghemat pengeluaran untuk biaya air. 

Sekian tulisan sederhana ini dan

SELAMAT HARI BUMI
Advertisement
advertisement
Kegiatan Sederhana Memperingati Hari Bumi | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar